Bibliophile, Antara Buku dan Saya

Apa sih Bibliophile?

Bibliophile adalah sebuah istilah yang ditujukan untuk seseorang yang mencintai buku, gemar membaca, mengagumi dan mengoleksi buku. Atau kerennya 'A book lover'.


Sejak Kapan?

Bagi saya entah kapan sudah menggilai baca buku, yah kalau mengingat jaman sekolah dulu saya tipekal siswa yang cenderung menyukai kesendirian, pemalu, lebih sering menghabiskan jam istirahat di perpustakaan daripada di kantin. Hehehe... Tapi bukan berarti termasuk yang pandai pula, nah loh! Bingung kan? sama saya juga. Jadi buku adalah teman sejati saya semasa sekolah.

Yang dibaca buku apa saja? (waktu jaman sekolah) Selain buku penunjang pastinya saya dulu paling suka koleksi komik jepang. Dulu yang ngehits tuh serial Doraemon, Sakura, The Lady of Versailes, terus juga baca dan koleksi komik bergenre misteri getu. Belum sanggup baca novel roman picisan, masih imut-imut soalnya. (sekarang juga masih imut sih >.<)

Dapat uang saku selama sepekan ditabung supaya bisa beli komik seri itu. Paling berkesan banget, kayak ada kepuasan tersendiri getu kalau beli komik dari sisihan uang saku. Dan setiap Sabtu sepulang sekolah selalu menyempatkan diri mampir ke Toko buku Gunung Agung di Mall daerah Gunung Sahari untuk beli komik. (bagian ini sepertinya saya curhat)

Kebiasaan membaca, dan mengoleksi buku juga masih berangsur hingga sekarang. Dan menurun juga ke anak-anak (alhamdulillah), koleksi buku kami lumayan banyak sebenarnya. Sayangnya ada beberapa buku yang dipinjam keluarga ataupun teman tidak balik. Nah, masalah ini menjadi problematika besar bagi saya. Pernah ada yang menyampaikan guyonan ke saya, "Orang yang meminjam buku temannya adalah orang bodoh. Yang minjamin lebih bodoh lagi!" 
Jadi jangan coba meminjam buku, beli sendiri! 


Bujet dan Pilihan Buku Saya

Duh, kalau ngomogin masalah budget untuk belanja buku mah bahaya @_@ Saya gak pernah targetin sih berapa nominalnya, tapi saya memang punya my wish list books setiap bulannya. Dan pastinya wish list itu akan terus bertambah tidak berkurang, cukup itu saja yang bertambah jangan berat badan saya (hehehe...).

Tips dari saya untuk menambah wish list adalah, lebih sering mencari info toko buku online yang sedang mengelar diskon (buanyak jumlahnya, search aja di instagram, tapi cari yang terpercaya dan amanah yah. Maksudnya yang dijual itu adalah buku asli bukan bajakan/copian), atau pergi ke pameran buku (setiap tahun biasanya didadakan dua kali event loh di Jakarta), sering-sering nongkrong di toko buku. Biasanya TM Bookstore suka banget kasih diskon 20% loh, Gramedia juga sering banget ngadain promo buku murah atau giveaway (yang ini beneran bukan promo berbayar).

Saat ini saya lagi gemari membaca novel, prosa yang bergenre romantis. Bukan, karena terpengaruh gombalan receh si Dilan. Bukan. Jadilah yang lebih banyak menumpuk di rak dan wish list saya adalah buku seperti ini.


New Me in 2018

Kembali ke topik awal, istilah bibliophile juga baru-baru ini saya ketahui, dan sepertinya fit in me. Awal tahun ini saya memang mencoba memantaskan diri lebih baik lagi dalam segi membaca, tidak hanya sekadar membaca saja saya juga mencoba belajar untuk mereview buku yang telah saya baca, ada beberapa buku yang telah saya review dan post di media sosial saya. Anda bisa membuka tautan ini review buku

Seperti sudah jalanan takdir saya untuk memantaskan diri, peluang untuk belajar menulispun juga saya tempuh. Berbekal ilmu sekadarnya dan niat yang terpatri sangat kuat, saya mengikuti beberapa kelas menulis online. Yah, membaca dan menulis itu ibarat dua sisi koin mata uang yang tak terpisahkan. 

Suka menulis juga sebenarnya hampir dua tahun belakangan ini, ada beberapa tulisan saya yang saya tulis di media platform menulis. Lebih sukanya menulis novel fiksi bergenre romantis. Dan mimpi saya tahun ini adalah beberapa tulisan saya dapat tembus ke penerbit, Aamiin (do'ain bersama yah supaya diijabah sama Allah).

Well, akhir kata. Belajar itu kan tidak kenal usia, yang terpenting niat kita bagaimana untuk berubah lebih baik lagi. Jadi semangat membaca dan menulis.
[Maret, 22, 2018]


Comments

Post a Comment