Pesta Olahraga Asia 2018


Tuan Rumah untuk Kedua Kalinya

Perhelatan Pesta Olahraga Asia (Asian Games) ke 18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat pendukung yang terbesar di provinsi Jawa Barat dan Banten. 


Menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games bagi Indonesia kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Pada tahun 1962 Indonesia pernah menjadi Asian Games IV di Jakarta. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games 2018 akan diadakan di dua kota sekaligus.



Logo dan Maskot


Logo untuk Pesta Olahraga Asia 2018 didasarkan pada desain atap Stadion Gelora Bung Karno yang dibangun untuk Asian Games 1962 di Jakarta, dengan delapan jalur yang mengarah ke stadion. Sedangkan lambang Dewan Olimpiade Asia sebagai matahari bersinar adalah cerminan Energi Asia yang bersinar di seluruh Asia.






Maskot untuk Pesta Olahraga Asia 2018 sendiri mencerminkan keberagaman Indonesia dengan tiga hewan dari berbagai daerah di Indonesia. Bhin Bhin adalah personafikasi dari burung Cendrawasih, dengan mengenakan rompi bermotif tradisional suku Asmat dari Papua dan melambangkan strategi. Atung adalah personafikasi dari rusa Bawean yang mengenakan sarung batik parang dan melambangkan kecepatan. Kaka adalah personafikasi badak bercula satu yang mengenakan motif bunga dari Songket Palembang dan melambangkan kekuatan. Ketiga nama mereka diambil dari motto nasional Indonesia, Bhineka Tunggal Ika.


Nantinya akan ada 45 negara partisipan dalam perhelatan Pesta Olahraga Asia ke 18 ini, dan jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah sebanyak 40 cabang. Terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. 


Sebagai bagian dalam persiapan menyambut Pesta Olahraga Asia 2018, pemerintah bahkan telah menyiapkan dana yang besar untuk pembangunan fasilitas, infrastruktur dan transportasi di Jakarta dan Palembang. Salah satunya adalah Kampung Atlet di daerah Kemayoran, Jakarta. Perkampungan atlet ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektar yang memiliki 7,424 apartemen dalam 10 menara.



Upacara Pembukaan dan Penutupan


Dewan Olimpiade Asia memutuskan bahwa Jakarta akan menjadi kota penyelenggaraan upacara pembukaan dan penutupan, meskipun Menteri Pemuda dan Olahraga sebelumnya mengatakan Palembang akan menjadi tuan rumah upacara penutupan.


Jadi apakah kamu siap #dukungbersama dan menjadi bagian dari #asiangames2018 ?





*kredit foto dari wikipedia dan google


Comments