Liburan yang Tidak Direncanakan


Pernah gak sih kamu mengalami hal seperti ini? Sudah menyusun rencana begitu rapi untuk melaksanakannya, namun karena satu atau dua hal malah gak jadi.  Hanya tinggal wacana belaka saja. Pasti merasa jengkel kan? Terus akhirnya jadi malas untuk mem-planning hal baru lagi, mending menjalani tanpa merencanakan. Aku pernah, eh tapi ini bukan curhat ya


KAI EXPO di ICE BSD


Suasana di KAI Expo, ICE BSD

Hari Minggu tanggal 4 November 2018 tepatnya, aku yang di awal rencana ingin pergi menghadiri acara KAI EXPO di ICE BSD dengan teman 4L (Lu Lagi-Lu Lagi) akhirnya berangkat sendiri dengan menggunakan commuter line. Meski harus transit dahulu di Stasiun Tanah Abang dan lanjut menaiki commuter line arah ke Serpong, kemudian turun di Stasiun Rawa Buntu lanjut (lagi) dengan naik ojek online untuk tiba di ICE BSD. Beruntung karena ini adalah weekend, kalau di weekday, commuter line arah ke Stasiun Tanah Abang biasanya ramai dipenuhi oleh para pekerja kantoran yang akan turun di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet. 

Dua hari sebelumnya aku sempat mendapatkan broadcast message mengenai acara KAI EXPO yang diselenggarakan di ICE BSD dari tanggal 3-4 November 2018. Memang sih, sebelumnya sempat merencanakan untuk pergi jalan-jalan ke Yogya atau Bali, lalu sempat memuai lagi rencana itu. Hingga akhirnya ketika tiba dievent ini, hati mulai tergerakkan lagi untuk melanjutkan rencana jalan-jalan yang sudah memuai itu. 



Salah satu merchant yang menjual tiket KA dengan harga promo


Karena harga tiket yang ditawarkan oleh beberapa merchant yang ada pun sangat menggoda, iya menggoda. Harga tiket kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta ditawarkan mulai dari harga 100k. Hati jadi tertarik untuk masuk dalam antrian pembelian tiket, prosesnya juga tidak terlalu lama lho. Dari ambil nomor antrian hingga ke meja customer service untuk pemesanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit. Dan akhirnya aku mendapatkan tiket ke Yogya dari Jakarta dengan harga 150k, supaya pulangnya dapat harga promo jadi sekalian beli juga deh. Tidak hanya rute Jakarta - Yogya saja, ada beberapa rute yang juga ditawarkan dengan harga murah, misalnya rute Jakarta-Bandung hanya 50k saja. 

Sempat berpikir lama sih di hadapan customer service, karena masih galau mau ambil sepekan di Yogya atau hanya sebentar saja. Berhubung aku bukan orang Yogya serta tidak mempunyai kerabat untuk dapat disinggahi rumahnya, dan juga memikirkan biaya penginapan yang pasti akan membengkak jika mengambil liburan selama sepekan (karena memikirkan juga biaya makan, transport ke tempat wisata, dan belanja oleh-oleh) akhirnya aku memutuskan hanya tiga hari selama di Yogya. 

Tidak merencanakan akhirnya malah kejadian untuk pergi jalan-jalan ke Yogya selama tiga hari. Sepulangnya aku langsung browsing mencari dan membandingkan harga penginapan yang murah. Karena terlalu singkat perjalanan saya ke Yogya, jadi (terpaksalah) membuat listing destination tempat wisata selama dua malam di sana.  

Next, ke depannya mungkin akan lebih merencanakan dengan matang perihal liburan ke luar kota. 




Comments